Selasa, 31 Mei 2011

Amanat Tuhan Yesus Untuk Indonesia




Penjelasan Umum


Pernyataan:
Bapak Suci Paus Paulus VI telah mensahkan Dekrit Kongregasi Ajaran Iman, A.A.S.58/16 pada tanggal 14 Oktober 1966, yang menyatakan bahwa Nihil Obstat dan Imprimatur dari Kuasa Mengajar Gereja tidak diperlukan lagi untuk terbitan-terbitan yang berhubungan dengan wahyu pribadi atau penampakan-penampakan.



Isi Amanat bagi Indonesia.
Hari ini Aku telah membawa engkau (Vassula) ke sini, ke Indonesia, sebagaimana pula telah Kukumpulkan kalian semua sebagai satu persekutuan. Katakanlah kepada mereka: janganlah menganggap bahwa Allah tidak dapat didekati. Allah ada di dekatmu, dan mengasihimu ...

Hormatilah nama-Nya. Kembalilah kepada-Ku dan ubahlah hidupmu, serta hiduplah suci, sebab Kuduslah nama-Ku . Izinkanlah Aku mendandanimu kembali. Untuk ini Aku memerlukan penyerahan menyeluruh dirimu. Satu-satunya perlindunganmu adalah Hati-Ku.

Dengarkanlah dan pahamilah: Aku telah bersabda bahwa seluruh daging adalah seperti rumput, dan keindahannya seperti bunga liar di ladang. Namun rumput mengering dan bunga-bunga menjadi layu, sedangkan sabda-Ku tetap abadi, ... dan jiwamu akan tetap hidup. Biarkan jiwamu dalam keadaan damai dengan Aku pada hari Aku akan menjemputnya, agar engkau mewarisi Kemuliaan-Ku.

Janganlah menipu dirimu sendiri sekarang, dan mengatakan: "Jiwa, engkau kini sudah memiliki banyak hal. Ambillah barang-barang yang tersedia. Nikmatilah waktu ini dan berfoya-foyalah dalam kekayaanmu. Nyatalah sudah bahwa warisan itu adalah milikmu." Sadarilah anak-Ku, betapa jiwamu telah kaubiarkan tumbuh liar.

Sadarilah anak-Ku, betapa pedihnya Aku melihat engkau gersang. Aku selalu mengasihimu dengan kasih abadi. Kurangilah kepedihan-Ku. Hapuskanlah kepedihan-Ku dan kembalilah kepada-Ku, yaitu Bapamu, Penciptamu, Penyelamatmu dan Hidupmu . Berdoalah dari dalam hatimu, dan Aku akan mendengarmu. Pengampunan akan diberikan kepadamu bila engkau memintanya! 

Indonesia, arahkan langkahmu kepada langkah-Ku, sebab Hari-Ku dekat, dan sewaktu Aku datang, Aku akan datang dengan Api. Maka, izinkanlah Aku untuk menemukan engkau layak bagi Kerajaan-Ku ... Mintalah Berkat-Ku dan Aku akan memberikannya kepadamu. Ayah mana yang akan menolak kesejahteraan anaknya? Maka, betapa terlebih-lebihnya Aku, Sumber Kasih, akan memberikannya kepada siapapun yang memintanya! Aku berada di dekat kalian hai putri dan putra, dan Aku memberkati kalian, dan menawarkan Damai-Ku kepadamu. Datanglah dan akukanlah dosa-dosamu ke hadapan-Ku, dan Aku akan menanggapi jeritan pertobatanmu.

Vassula, Aku adalah Yahweh, Bapamu yang Terkasih dan Bapa segenap manusia. Pujilah Aku dan ikutilah Aku tanpa menunda. Bangunlah sekarang dan berdoalah Bapa Kami sebagaimana Aku menghormati engkau dengan mengajarkannya kepadamu. Aku mengasihi engkau dengan lemah lembut! 



TANYA-JAWAB
MENGENAI AMANAT TUHAN
YANG DISAMPAIKAN VASSULA DI INDONESIA
25 - 26 MARET 1995
------------------------------------------------------------

Kata apa yang paling sering muncul dalam amanat Tuhan ini?
Kata Aku yang diucapkan oleh Tuhan sendiri.

Apa isi kalimat-kalimat yang memunculkan kata Aku itu?
Macam-macam. Antara lain, Tuhan memeperkenalkan diri-Nya, mengemukakan permohonan, meyakinkan, menegaskan, dan sebagainya.

Bagaimana Tuhan memperkenalkan diri-Nya?
Ia memperkenalkan diri-Nya sebagai Dia yang membawa Vassula ke Indonesia serta mengumpulkan semua orang menjadi satu himpunan untuk mendengarkan amanat-Nya ("Katakanlah kepada mereka"). Selanjutnya Ia menegaskan bahwa Ia selalu di dekat kita dan mencintai semua orang. Ia memperkenalkan diri-Nya sebagai Yahweh, Bapa, Pencipta,Penyelamat, Hidup, Sumber Kasih, Pemberi berkat dan damai. Menarik sekali bahwa Tuhan menunjuk Hati-Nya sebagai satu-satunya tempat pengungsian kita.


Apa lagi yang dikatakan Tuhan tentang diri-Nya?
Banyak hal, walaupun amanat-Nya singkat. Antara lain bahwa Ia pemilik Kerajaan dan Kemuliaan, bahwa Ia ingin agar semua orang menjadi layak bagi Kerajaan-Nya serta mewarisi Kemuliaan-Nya. Ia bukan Allah yang tak terjangkau. Selaku Bapa semua orang, Ia menghendaki kesejahteraan anak-anak-Nya.

Adakah suatu pesan khusus yang disampaikan Tuhan kepada bangsa Indonesia?
Ya. Tuhan menyapa semua putri dan putra Indonesia. Namun karena pesan-pesan-Nya berbeda-beda isinya, maka dapat dihimpun menjadi tiga kelompok, yaitu : (1) Perintah permohonan; (2) Peringatan; (3) Janji-jaminan.

Apa yang diperintahkan Tuhan kepada bangsa Indonesia?
Perintahnya sebenarnya satu saja, yaitu, "Hormatilah nama Allah!". Perintah ini serupa dengan yang tercantum dalam "Kesepuluh Perintah Allah" Perjanjian Lama. Semua ucapan Tuhan lain dapat dipandang sebagai perintah permohonan ataupun himbauan.

Adakah suatu himbauan penting yang menyangkut seluruh bangsa Indonesia?
Ya, yakni, "Hai Indonesia, melangkahlah sambil mengikuti langkah-Ku." Di dalamnya tercakup segala permohonan dan himbauan lain. namun baiklah sejumlah  permohonan itu dikutip di sini, yaitu: (a) Hiduplah suci; (b) Kembalilah kepada-Ku; (c) Sadarlah akan kegersanganmu; (d) Datang dan akuilah dosa-dosamu; (e) Ubahlah cara hidupmu; (f) Berdoalah dari dalam hatimu; (g) Mintalah Berkat-Ku. Tampaknya semua himbauan ini atau belum atau tidak cukup serius ditanggapi oleh bangsa Indonesia.

Bukankah semua himbauan ini dapat dipandang sebagai perintah pula?
Manusia adalah insan merdeka, yang setiap kali dapat menolak Allah dan tidak mendengarkan-Nya, maka semua ucapan Tuhan tadi lebih tepat dipandang sebagai permohonan saja. Hal ini menjadi lebih jelas bila diperhatikan tiga kalimat yang dibuka dengan kata " izinkanlah Aku" dan "biarkan Aku", yaitu: (a) Izinkanlah Aku mendandani kalian kembali; Izinkanlah Aku menemukan kalian layak bagi Kerajaan-ku; dan, (b) Biarkan jiwa kalian ada dalam damai dengan Aku pada hari Aku datang untuk menjemputnya, supaya kalian mewarisi Kemuliaan-ku. Tuhan minta, supaya kita mengizinkan-Nya berkarya, sehingga suatu ketika Ia dapat mengantarkan kita ke dalam Rumah-Nya. Ada juga dua permohonan singkat namun memilukan, karena bernada keluh kesah, yaitu : (c) Perkecillah kepedihan-ku; Hapuskanlah kepedihan-Ku.

Adakah pula suatu peringatan bagi Indonesia?
Sesungguhnya semua perintah-permohonan tadi mengandung peringatan pula. tetapi secara khusus nada peringatan Tuhan terasa dalam kalimat-kalimat berikut ini: (a) kalian sendiri (lalu menyusul perumpamaan tentang jiwa yang berpuas diri); (b) Dengarkan dan  pahamilah (sebuah peringatan untuk tetap ingat bahwa jiwa manusia hidup selama-lamanya, sedangkan jasmaninya, yaitu "daging" tidak berbeda dengan rumput yang mengering ataupun bunga liar yang cepat layu). Selain itu, Tuhan memperingatkan bahwa, (c) Hari-Nya sudah dekat, bahwa Ia akan datang untuk menjemput kita. Tetapi Ia akan datang dengan Api.

Benarkah Tuhan berjanji sesuatu dalam amanat-Nya kepada bangsa Indonesia?
Satu janji menyangkut pengampunan : (a) "Pengampunan akan diberi kepadamu, bila kalian memintanya!; Aku akan menanggapi jeritan tobat kalian. lalu ada satu janji umum mengenai terkabulnya doa: (b) Berdoalah dari dalam hatimu, dan Aku akan mendengarkan kalian. janji serupa diucapkan Tuhan dalam kalimat ini, : Mintalah Berkat-Ku, dan Aku akan memberikannya kepada kalian." Semua janji ini sesungguhnya sekaligus jaminan dari pihak Tuhan. Tetapi ada satu janji-jaminan yang sangat menyukacitakan, yaitu: (c) Aku selalu mengasihimu dengan kasih tak berkesudahan. Justru karena itu Tuhan menjamin pula (d) Kesejahteraan bagi semua orang yang akan memintanya. kata Tuhan, "Ayah mana yang akan menolak kesejahteraan anaknya? Betapa lebihnya Aku, Sumber Kasih, akan memberi kepada siapa saja yang meminta!"

Mendengar semuanya ini, barangkali dapat disusun suatu daftar pokok yang perlu diperhatikan selanjutnya. Menurut hemat saya dalam amanat ini perlu diperhatikan pokok-pokok berikut ini :

(1) Kasih Tuhan; 
(2) Kegersangan; 
(3) Pertobatan; 
(4) Hari Tuhan.

Dapatkah anda mengomentari masing-masing pokok ini secara singkat?
(1) Kasih Tuhan - Kedatangan Vassula, penerima wahyu pribadi Tuhan, ke Indonesia merupakan tanda nyata kasih Tuhan. Tetapi tandanya yang lebih jelas lagi ialah amanat khusus dari Tuhan. Boleh dikatakan, Tuhan mengistimewakan Indonesia. Lagi pula seluruh amanat Tuhan bernada himbauan penuh kasih. Tentu saja Tuhan memperingatkan, menunjuk-nunjuk yang salah, tetapi semua peringatan itu terasa sebagai himbauan penuh keprihatian yabg terdorong oleh kasih sejati.

(2) Kegersangan - Kata "kegersangan" yang muncul dalam amanat ini dua kali, seharusnya direnungkan secara mendalam. Indonesia yang begitu subur dan kaya  alamnya, dari sudut spiritualnya justru dipandang oleh Tuhan sebagai negara yang gersang! Artinya, hidup rohani para putri dan putra Indonesia mengecewakan Tuhan. Kata "kegersangan" ini berhubungan erat dengan "perumpamaan:" injili tentang orang kaya yang bodoh (bdk. Luk 12: 13-21) yang secara bebas dikutip dalam amanat ini. karena kaya, manusia mudah lupa akan jiwanya yang kekal. Lupa itu menjadikan Tuhan sakit kepedihan. Kegersangan itu ditegaskan pula dalam kiasan tentang segala sesuatu yang materiil. Apa saja yang musnah. Termasuk kekayaan yang begitu dikejar oleh bangsa Indonesia. Maka Tuhan berseru dengan latang, "Kembalilah kepada-Ku dan ubahlah cara hidup kalian."



(3) Pertobatan - bila bangsa Indonesia akan menyadari kegersangannya dan menerimanya sebagai kenyataan, maka langkah berikutnya ialah pertobatan. Bertobat berarti meninggalkan pola hidup yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan dan sepenuhnya memusatkan diri pada Tuhan. Sebab "satu-satunya tempat pengungsian" manusia ialah hati Tuhan. Namun supaya hal ini terjadi, Tuhan memerlukan keputusan manusia. Manusia tidak boleh mengandalkan siapa pun dan apa pun lagi, selain Tuhan.  Maka Tuhan berseru, "Izinkanlah Aku mendandani kalian kembali. Untuk itu Aku memerlukan penyerahan diri kalian yang menyeluruh." Penyerahan diri semacam ini harus menjadi doa harian setiap putra dan putri Indonesia. kalau penyerahan itu ada, maka Tuhan akan mulai berkarya di Indonesia secara ajaib dan cepat. Sebab dengan menyerahkan diri kepada Tuhan, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang mengandalkan-Nya, yang meminta, yang berdoa dan mengharapkan segala-galanya dari Tuhan saja. Pada saat memutuskan cintanya kepada harta materi, bangsa Indonesia akan mulai menikmati Damai Sejati.




(4) Hari Tuhan - Pokok ini disinggung beberapa kali, tetapi sama seperti dalam Injil, tidak ada keterangan rinci. Hanya diungkapkan dua hal yang patut direnungkan, yaitu : Hari itu sudah dekat, dan Tuhan akan datang dengan Api. Kata "api" biasanyadiartikan sebagai "penghakiman" atau "hukuman" atas dosa. namun tidak mustahil bahwa api itu benar-benar akan menjadi kenyataan fisik pula dan akan menjadi bencana bagi Indonesia. Bagaimanapun juga, Tuhan prihatin, maka Ia memperingatkan, menghimbau, memohon, nyaris mengemis kasih dari pihak Indonesia. Barangsiapa bertelinga, hendaknya mendengarkan!

Apakah Tuhan menyebut nama Indonesia dalam amanat-Nya?
Ya, malah dua kali. Pertama kali untuk menegaskan bahwa Vassula dibawa ke Indonesia atas prakarsa-Nya sendiri. Kedua kalinya, ketika Ia berbicara tentang Hari Kedatangan-Nya yang sudah dekat.

Stefan Leks, 14 Maret 1995


(Sumber : Unio Cordium Indonesia http://www.uniocordium.org/)

Tidak ada komentar: